IPS Sekolah Menengah Pertama Soal:
1.kesimpulan apa yang bisa didapat dari pengaruh Islam terhadap masyarakat di Indonesia?

Note:
tolong jawab no ngasal repot​

Soal:
1.kesimpulan apa yang bisa didapat dari pengaruh Islam terhadap masyarakat di Indonesia?

Note:
tolong jawab no ngasal repot​

Penjelasan:

akulturasi dan asimilasi yang terjadi antara dua kebudayaan yang berbeda yyakni Islamdengan masyarakat Indonesia ataupun Islam dengan Hindu Budha memberikan keberagaman yang khas dan ciri yang menarik sehingga nilai kebudayaan meningkat

Jawaban:

1.Sistem pemerintahan

Kemunculan Samudra Pasai sebagai kerajaan Islam di Indonesia menunjukkan bukti konkrit pengaruh Islam pada sistem kemasyarakatan, dalam konteks sistem politik dan pemerintahan. Ditunjukkan dengan penggunaan gelar Sultan untuk raja.

Dalam struktur pemerintahan Kraton Demak juga menunjukkan Islam telah memengaruhi pola dan tatanan pemerintahan kerajaan-kerajaan di Indonesia, ditandai adanya jabatan penghulu.

2.perilaku keagamaan

Di masyarakat Sumatera Barat mengakui perlunya norma-norma adat yang tidak boleh bertentangan dengan nilai-nilai yang ditetapkan Islam. Adanya pepatah "adat bersendi sara, dan sara bersendikan kitabullah" memperkaya norma-norma adat di Sumatera Barat Islam.

3.Seni bangunan

Bukti adanya pengaruh Islam pada seni bangunan ada pada masjid dan makam. Masjid adalah bangunan tempat ibadah shalat bagi umat Islam.

Dalam bangunan masjid pengaruh Islam terlihat dari seni ukir di dalam relief di Masjid Mantingan Jepara Jawa Tengah. Selain di masjid juga ada seni ukir kayu di Cirebon Jawa Barat.

Pengaruh Islam pada makam terlihat dari nisan Fatimah binti Maimun di Leran Gresik Jawa Timur, makam Al Malikussaleh di Beuringen, Samudera, Aceh Nanggroe Darussalam dan makam Troloyo di Mojokerto, Jawa Timur.

Penjelasan:

JADIKAN JAWABAN YANG TERBAIK

[answer.2.content]